Bisnis Penangkaran Kepiting

By poetry - 01.43

Jika anda merupakan salah satu penggemar sea food, anda tentu mengenal kepiting, dan kepiting ini ternyata dapat dijadikan sumber pemenuhan kebutuhan hidup. Kepiting memang sangat mudah ditangkar. Hewan ini pun bisa hidup di semua jenis air, air laut, payau, maupun air tawar. Ini memungkinkan menangkar kepiting di kolam di kebun atau pekarangan rumah.

Tidak seperti udang windu atau ikan, kepiting tidak memerlukan kolam luas. Kedalaman air kolam pun 80 cm saja, dengan air yang hanya perlu diganti tiap satu minggu. Memang perlu diperhatikan, suhu air jangan terlalu panas atau dingin. Agar kepiting tidak berkeliaran, pagari pinggir kolam dengan plastik tebal.

Sedangkan untuk pakannya, dengan 1 kuintal bibit kepiting, cukup menyebarkan 10 kg cacahan ikan kecil atau wader. Harganya sangat murah, sekitar Rp 750 per 1 kg. Untuk pakan, Sejak bibit kepiting disebar, 15 hari kemudian kepiting jantan sudah terlihat gemuk. Sedangkan yang betina juga tidak lama, sekitar 25 hari. karena, sekali tabur 1 kuintal benih tiap setengah bulan, hasilnya bisa mencapai 1,5 kuintal kepiting, atau 3 kuintal kepiting untuk dua kali panen dalam satu bulan.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments