Renyahnya Bisnis Keripik Buah

By poetry - 21.19

Saat musim panen, harga satu jenis buah biasanya akan turun tajam. Sebab, penyerapan pasar lokal tak secepat buah proses pematangan alami buah. Akibatnya, hasil pertanian itu harus segera dijual, berapa pun harganya, agar tak busuk disimpan. Padahal, jika diolah buah tentu bisa lebih awet. Misalnya dibuat keripik buah. Bahkan, karena ada tren kembali ke makanan alami, pasar ekspor keripik buah masih sangat terbuka.

Untuk memperoleh keripik buah biasanya dipakai mesin vacuum fryer atau penggoreng bersuhu rendah berteknologi tinggi asal Swedia dengan penggorengan ini bisa dihasilkan keripik buah yang baik dengan kadar air mendekati 0 persen. Namun alat tersebut sangat mahal. Tetapi saat ini telah ditemukan mesin penggorengan baru dengan prinsip kerja mesin penggorengan ini kebalikan dari alat masak bertekanan tinggi atau pressure cooker yang bertujuan melunakkan bahan masakan termasuk tulang ayam.

Maka, penggorengan ini dilengkapi pompa kedap udara untuk mengatur agar tekanan udara dalam penggorengan tetap rendah, mesin ini mampu menggoreng dengan suhu rendah. Hasilnya, potongan buah tersebut jadi keras seperti layaknya potongan keripik.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments