Marketing merupakan sarana
pemasaran bagi setiap usaha yang dijalankan. Dalam membuat rencana marketing
yang baik, salah satu hal yang harus dianalisis adalah Pasar. Langkah pertama
pada setiap rencana marketing harus bisa mengevaluasi keseluruhan pasar
potensial untuk masing-masing kategori. Misalnya dengan menjawab pertanyaan
seberapa besar pasar potensial ini, berapa banyak bisnis atau orang yang
menggunakan produk tersebut, apakan pasar ini berkembang atau mengalami
kebangkrutan dan sebagainya. Secara umum, sebuah pasar yang sedang berkembang
adalah pilihan yang paling banyak diminati. Tidak hanya karena mempunyai
potensial penjualan yang baik tetapi biasanya lebih mudah dimasuki dan mudah
membangun penjualan di tempat sedang berkembang. Namun, bagi perusahaan yang
sangat kecil, pasar besar bisa menjadi pisau bermata dua. Pada sisi positif
tentu saja terdapat penjualan besar yang potensial. Namun, pada sisi negatif
terdapat kompetisi dari perusahaan besar yang dengan mudah mendapatkan akses
pasar.
0 Comments