PDA untuk Tuna Netra

By poetry - 19.31

PDA (personal digital assistant) tidak hanya monopoli orang yang normal. Setidaknya kini telah muncul PDA untuk kaum difable, khususnya kaum tuna netra. PDA BrailleNote PK, yang dibuat Pulse Data International, merupakan jawaban untuk mereka yang memiliki kekurangan penglihatan.

Peranti genggam digital tersebut memiliki ukuran layaknya PDA biasa, ditambah koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. Selain itu, BrailleNote PK bisa disinkronisasi dengan Microsoft Office dan Outlook, serta bisa memutar file audio MP3, Windows Media, Wave, dan AIF

Ukuran totalnya 174 x 92 x 32mm dan bobotnya 450 gram. Sementara kapasitas memorinya sebesar 96 MB ditambah slot ekspansi kartu memori CompactFlash atau MicroDrive yang bisa mencapai 1 GB. Dengan adanya WiFi, PDA tersebut bisa dipakai untuk surfing internet di area hotspot atau di jaringan wireless kantor dan rumah.

Bedanya dengan PDA biasa adalah pada kibor QWERTY 110 key yang diganti dengan kibor Braille 8 key. Selain itu, pembeda lainnya adalah layar 18 cell yang berupa huruf Braille pula. Peranti ini diharapkan bisa memperkecil kesenjangan antara orang bernetra normal dan kaum difable.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments