Pengawasan ketat dari atasan

By poetry - 21.02

Dalam manajemen dikenal istilah over supervised - seorang atasan melakukan pengawasan terlalu berlebihan sehingga mempersempit ruang gerak bawahan. Dari penelitian di belasan perusahaan Indonesia yang melibatkan ratusan orang yang bertujuan untuk mengungkapkan kekuatan dan kelemahan para manajer atau supervisornya, diperoleh keyakinan, hampir 15% dari mereka mempunyai potensi, kecenderungan over supervised.

Mereka masuk dalam golongan orang yang amat compliance, amat patuh pada setiap aturan kerja yang dibuat perusahaan ataupun yang diciptakannya sendiri. Bisa jadi saat ini Anda bekerja pada atasan yang masuk kelompok ini. Kelebihan dari orang ini adalah ia punya sense of belonging yang sedemikian tinggi, tanggung jawabnya yang tinggi, patuh, dan setia pada pekerjaan serta bisa diandalkan.

Anda dan profesional lainnya memang tak bisa memilih bos. Dan juga tak mungkin mengubah bos. Ini fakta dan Anda hadapi. Bagaimana jalan keluarnya? Adalah hilangkan ‘ancaman’ tersebut. Ciptakan rasa aman dan nyaman baginya. Baru ia percaya pada Anda.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments