Seni Menyampaikan Ide Pada Bos

By poetry - 22.30

Dalam menyampaikan ide pada bos ada seninya. Perhatikan mood bos. Seseorang yang mood nya sedang bagus, akan memandang lingkungannya secara positif. Saat inilah Anda dapat mengajak bos untuk mendengarkan ide Anda. Jika mengungkapkan ide, Anda dapat mengemukakan keuntungan dan kelebihan ide Anda terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat memberikan alasan rasional tentang ide tersebut.

Anda dapat meminta pendapat bos tentang ide Anda dan biarkan bos menilai ide Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang ‘reasonable’. Selain itu menunjukkan bahwa Anda pandai menghargai orang lain. Jangan lupa juga untuk sedikit menyanjungnya, misalnya dengan mengatakan bahwa ide Anda itu tidak ada artinya tanpa dukungan bos. Sanjungan yang wajar ini tidak akan menyebabkan Anda dianggap cari muka.

Jika sudah melakukan semua hal tadi, Anda tinggal menunggu dengan harap-harap cemas, apakah ide Anda akan diterima, ditampung atau ditolak. Tapi apapun hasilnya, yang penting Anda sudah berani mengungkapkan ide, dan bila ide Anda ditolak, jangan kapok untuk menyampaikan ide yang lebih berbobot di lain kesempatan.


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments