Ingin Dana Instan?

By poetry - 00.13



Saat krisis ekonomi melanda Indonesia, orang-orang menggantungkan diri pada pegadaian untuk mendapatkan dana instan, bahkan meski pegadaian mengenakan suku bunga lebih tinggi daripada bank. Bank, masih mensyaratkan agunan dan proposal kerja sebelum mengabulkan pinjaman--bahkan dalam jumlah kecil.

Pada saat yang sama, beberapa kalangan masyarakat, khususnya masyarakat marjinal, masih terintimidasi oleh institusi keuangan formal dan memilih menggunakan metode yang lebih mudah dalam memperoleh kredit atau menyimpan uang.

Ini proses ada uang ada barang. Tinggalkan agunan Anda, dan bawa pulang dana tunai. Prosesnya sederhana dan bisa dimengerti dengan mudah. Tetapi anda harus tahu bahwa jika gagal membayar utang berarti akan kehilangan barang yang digadaikan, sebab pihak pegadaian akan menjualnya dalam lelang yang terbuka bagi masyarakat.

Ladang itu menjadi lebih padat tahun ini, setelah pemerintah meliberalisasi sektor tersebut, mengakhiri monopoli PP dan mengizinkan bank-bank atau perusahaan swasta bertindak sebagai pialang gadai.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments