Berburu Hoki

By poetry - 00.00

Dari semua tradisi perayaan tahun baru di dunia, ternyata setiap negara memiliki keunikan sendiri dalam merayakan. Seperti bangsa Austria yang mempercayai, kalau menyentuh seekor babi hidup di malam tahun baru, keberuntungan akan tiba di tahun yang akan datang. Maklum babi bagi bangsa Jerman & Austria adalah lambang hokie. Orang yang merasa mendapat hokie di Jerman/Austria selalu mengucapkan perkataan "Schwein gehabt" alias telah mendapatkan babi.

Sedangkan menurut orang Yunani, buah delima melambangkan kesuburan dan kesuksesan. Oleh sebab itu setiap tanggal satu Januari, mereka, menebarkan biji buah delima ke arah pintu rumah, toko atau perkantoran untuk bisa dapat hokie lebih besar di tahun mendatang.

Di Inggris, ada tradisi "First Footing". Laki-laki pertama yang datang berkunjung ke sebuah rumah setelah lewat tengah malam dipercaya akan mendatangkan keberuntungan. Biasanya orang tersebut membawa hadiah seperti uang, roti, atau pakaian dengan harapan keluarga yang dikunjungi akan berlimpah barang tersebut sepanjang tahun. Orang itu tidak boleh berambut pirang atau merah, karena dianggap bisa mendatangkan kesialan.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments