Penyebab Temper Tantrum pada Anak

By poetry - 18.42

Temper Tantrum bisa terjadi pada Anak, hal ini disebabkan karena anak belum mampu mengontrol emosinya dan mengungkapkan amarahnya secara tepat. Tentu saja hal ini akan bertambah parah jika orang tua tidak mengerti apa yang sedang terjadi pada anaknya, dan tidak bisa mengendalikan emosinya karena malu, jengkel, dan sebagainya. Beberapa penyebab konkrit yang membuat anak mengalami Temper Tantrum adalah :

Anak terlalu lelah, sehingga mudah kesal dan tidak bisa mengendalikan emosinya. Anak gagal melakukan sesuatu, sehingga anak menjadi emosi dan tidak mampu mengendalikannya. Hal ini akan semakin parah jika anak merasakan bahwa orang tuanya selalu membandingkannya dengan orang lain, atau orang tua memiliki tuntutan yang tinggi pada anaknya. Jika anak menginginkan sesuatu, selalu ditolak dan dimarahi.

Sementara orang tua selalu memaksa anak untuk melakukan sesuatu di saat dia sedang asyik bermain, misalnya untuk makan. Mungkin orang tua tidak mengira bahwa hal ini akan menjadi masalah pada si anak di kemudian hari. Si anak akan merasa bahwa ia tidak akan mampu dan tidak berani melawan kehendak orang tuanya, sementara dia sendiri harus selalu menuruti perintah orang tuanya. Konflik ini yang akan merusak emosi si anak. Akibatnya emosi anak meledak.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments