Denda bagi yang Makan Tidak Habis

By poetry - 20.29

Sepertinya ini salah satu inovasi ide yang bisa jadi inspirasi untuk Anda. Untuk menekan jumlah makanan sisa yang terbuang percuma, restoran-restoran di Brazil mengenakan denda bagi pengunjung yang tidak menghabiskan makanannya. Maksud mereka baik, agar tidak membuang-buang makanan, sementara masih banyak orang yang kelaparan. Sayang gerakan ini tidak mendapat dukungan sepenuhnya.

Sejumlah besar restoran, terutama yang berada di Uberlandia, Brazil, sepakat untuk mengenakan denda sebesar 10 real Brazil atau hampir Rp30.000 pengunjung yang meninggalkan piring dengan sisa makanan. Jurubicara asosiasi restoran di sana mengatakan bahwa setiap 10 piring makanan yang disajikan, empat piring meninggalkan sisa makanan.

Gerakan ini tentu saja membuat sejumlah pelanggan mengeluh, tidak rela untuk membayar lebih besar dari yang seharusnya. Semakin meningkatnya protes membuat pemerintah setempat turun tangan. Pemerintah mengeluarkan pengumuman bahwa pengenaan denda tersebut tidak sah alias ilegal. Jika ada restoran yang masih memberlakukannya, restoran tersebut akan didenda oleh pemerintah. Hehe..sepertinya efek dari inovasi ide ini belum tentu diterima oleh semua pihak, akibatnya bisa denda mendenda gara-gara kontra dengan ide yang ada.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments