Diet Televisi bagi Anak

By poetry - 00.34

Meningkatnya tindakan kekerasan dan perilaku negatif pada anak diduga sebagai dampak gencarnya tayangan televisi. Terutama pada anak-anak kecil yang mudah terpengaruh dan dipengaruhi. Untuk itu Anda sebagai orang tua mesti pandai-pandai memilihkan menu 'diet' televisi bagi si kecil, dengan menyiasati agar anak tidak tergantung pada televisi, diantaranya dengan:

Menghindari menenangkan anak dengan acara televisi. Karena hal ini juga merupakan kesalahan Anda sebagai orang tua yang sering melakukan tanpa sadar mencoba untuk menenangkan rengekan anak Anda dengan memberikan 'ijin' menonton televisi. Padahal, cara tersebut akan membiasakan anak Anda untuk mengeluarkan 'senjatanya' saat ia sedang ingin nonton tv.

Selanjutnya Anda perlu mengajak anak membuat jadwal kegiatan sepulang sekolah bersama-sama. Beri ia porsi nonton TV tidak lebih dari 2 jam. Disamping itu Anda juga perlu memilihkan program yang cocok untuk usianya dan selalu mendampangi atau berdiskusi terhadap tayangan yang sedang ia tonton. Berikutnya kebiasaan jelek lain yang harus dihindari adalah membiasakan memberi makan anak sambil nonton TV.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments