Tetap Bijaksana dan Kendalikan Diri Saat Bekerja

By poetry - 23.14

Memang sangat tidak masuk akal bila dalam setiap pekerjaan anda tidak pernah mengalami kesalahan. Namun ketika Anda menghadapi kesalahan, sering kali Anda menjadi tidak rasional, bahkan saat menghadapi orang sering membuat Anda marah-marah. Nah, yang jadi persoalan memang bagimana Anda bisa mengendalikan diri dalam setiap keadaan. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol reaksi kepada seseorang atau pekerjaan agar bisa menjadi lebih bijaksana, diantaranya:

Ingat, lakukan cara “bagaimana” anda bereaksi, bukan “mengapa” Anda bereaksi. Caranya, anda bisa mengaturnya dengan mengambil nafas, dengan menggerakkan otot-otot di antara tubuh, dada, leher, pundak, rahang dengan mengatur se-rileks mungkin, serta menarik nafas panjang-panjang. Perhatikan perasaan anda, apakah dalam suasana marah, frustasi, terancam, memalukan, ketakutan atau dalam kontrol orang. Kemudian ambil keputusan untuk bisa mengontrol diri sendiri. Cara seperti ini merupakan upaya untuk menenangkan diri agar bisa mengendalikan perasaan, serta mengembangkan kemampuan diri sendiri.

Yang perlu anda ingat bahwa perilaku anda ini sama sekali tidak bisa diubah. Namun anda bisa memberikan rekasi terhadap sikap orang lain, dan ini anda bisa mengubahnya. Semua ini mungkin bisa menjadi semacam katartis yang bisa membuat anda dapat bergaul dengan siapa saja dalam lingkungan kerja, bahkan dengan seseorang yang sangat anda benci sekalipun.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments