Jangan Marah bila Anak Malas Belajar

By poetry - 20.33

Saat ini banyak sekali dijumpai anak usia sekolah dasar mengalami gangguan dalam belajar. Gangguan bisa berupa gangguan kesehatan atau gangguan perkembangan mental. Memang belum ada data valid yang menunjukkan jumlah anak yang mengalami gangguan dalam belajar bertambah.

Sebelumnya, mari kita cermati lebih lanjut bagaimana proses belajar anak akan dipengaruh beberapa hal diantaranya kemampuan dalam diri anak sendiri (keturunan, bawaan sejak lahir), lingkungan dan dukungan dari luar, harapan dari orangtua dan guru, serta harapan harapan dari anak itu sendiri. Ini belum termasuk masalah fisik dan mental pada anak. Kasus - kasus fisik yang kasat mata bisa seperti autis, dyslexia, dan gejala lainnya juga bisa ikut berpengaruh.

Bila anak tiba - tiba menjadi berubah prilakunya seperti malas belajar, kemungkinan Anak sedang merasa tegang karena ada persoalan. Yang terparah bila ternyata anak Anda mengalami depresi atau stres. Untuk masalah fisik sendiri penyembuhan tanpa obat - obat, cara yang paling mudah dilakukan ialah terapi prilaku, terapi wicara, dan terapi keseluruhan untuk mengartikan tindakan verbal dan non verbal. Namun yang terpenting sedini mungkin berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan, seperti psikolog anak, bila menemukan kelainan pada proses belajar anak.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments