Rasa Takut pada Anak

By poetry - 19.42

Rasa takut sebenarnya penting untuk self-control anak. Tapi kalau apa - apa serba takut, anak bisa dikucilkan dari pergaulan. Memang karakter setiap anak memang berbeda - beda. Ada yang ekspresif dan berani tapi ada pula penakut dan penuh perhitungan.

Menurut Yunita P. Sakul, Psi, penyebab anak mengalami hambatan dalam bergaul dengan teman - temannya bisa terjadi karena anak tidak dilatih di rumah. Karena orangtua selalu memenuhi kebutuhan anak, sehingga mereka tidak tahu bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Akibatnya ketika duduk di sekolah dasar, saat anak harus berinteraksi dengan teman sebayanya, mereka jadi bingung dan tidak mengerti apa yang harus dibicarakan saat bermain, dan tidak bisa berempati dengan orang lain. Akhirnya anak setiap kali diajak bermain atau pergi kemana selalu menolak.

Penyebab anak penakut, diantaranya anak tidak merasa nyaman, ia merasa teman - temannya tidak memperlakukannya seperti orangtuanya memperlakukan dia. Kemudian, memang dari segi emosi anak belum siap untuk bergaul dengan temannya.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments