By poetry - 23.21

Seorang penemu dari Belgia menciptakan alat khusus yang bisa membantu ‘menyembuhkan’ orang yang bicaranya gagap. Alat ini terbukti 95% efektif,walau anehnya tidak bisa menyembuhkan gagap yang diderita oleh penciptanya.

Stephan Decoen menderita gagap sejak lama. Inilah yang memotivasinya untuk menciptakan sesuatu yang bisa menolong menhilangkan gagapnya. Akhirnya terciptalah sebuah alat kecil yang ia beri nama Delayed Auditory Feedback. Mesin kecil kecil tersebut akan merekam suara penderita gagap dan memutarnya kembali dengan perlahan-lahan. Dalam ujicoba yang telah dilakukan, 95% penderita sembuh gagapnya setelah mendengar suara mereka sendiri dalam slow motion.

Anehnya Decoen yang sehari-harinya berprofesi sebagai teknisi elektronik tersebut justru tidak mempan dengan alat ciptaannya sendiri. Decoen telah mencoba menganalisa dan mencari penyebabnya, tapi belum juga ketemu sampai sekarang. Kini ia telah mendapatkan ijin untuk memproduksi alat temuannya tersebut. Delayed Auditory Feedback-nya dijual dengan harga 500 euro atau sekitar Rp5 juta.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments