Etika Berkirim SMS

By poetry - 20.34

Bagi yang memiliki ponsel, SMS bukan hal baru. Malah, setiap hari dering pendek menandakan pesan masuk mengganggu ponsel Anda. SMS adalah suatu bentuk komunikasi. Dan, komunikasi itu butuh etika. Juga berlaku di SMS!

Jika Anda bermaksud mengirimkan pesan ini untuk orang yang dihormati seperti orang yang lebih tua atau atasan, maka hindari pemakaian singkatan bahasa gaul yang biasa dipakai dalam ber-SMS. Soalnya, tidak semua orang mengerti maksud bahasa tersebut. Kalau toh mereka mengerti, bisa juga Anda dianggap kurang sopan karena tidak berlaku hormat.

Kalau Anda ingin memakai singkatan bahasa gaul demi menghemat karakter, gunakanlah kalau ber-SMS dengan rekan sejawat yang seumur atau teman akrab. Selain itu, biasakan memperhatikan penggunaan huruf besar dan huruf kecil. Karena, tak ubahnya berkirim surat, soal-soal seperti ini sangat penting bagi sebagian orang. Terakhir, jika orang yang dikirimi SMS tidak terlalu dekat dengan Anda, tuliskan identitas lengkap Anda sebagai pengirim. Bisa jadi, ia tidak hapal dengan nomor ponsel Anda dan hanya bisa menduga-duga siapa pengirimnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments