By poetry - 20.23

Menghargai uang dan berhemat serta tidak berlaku boros bisa anda ajarkan kepada anak sedini muingkin. Ketika anak Anda sudah tidak canggung lagi memegang uang, ajarkan ia untuk mengenali besar kecilnya uang. Tidak perlu semuanya, mungkin bisa dimulai dari uang seribu atau lima ribu ke bawah. Mana uang yang nilainya seratus, lima ratus, atau seribu. Di sini, dapat diartikan bahwa Anda juga sudah mulai mengajarkan matematika secara sangat sederhana.

Ketika anak Anda sudah mulai besar dan bisa memegang uang serta tahu nilainya sedikit demi sedikit, maka sudah waktunya bagi Anda untuk memberikan uang saku. Waktu yang paling tepat untuk bisa mulai memberikan uang saku adalah sejak anak Anda ditinggal sendiri di sekolah.

Anda dapat memberikan uang saku tersebut secara harian, dan naikkan jumlahnya minimal setiap tahun sekali (ketika dia duduk di kelas yang baru). Naikkan jumlahnya sedikit agak banyak ketika dia duduk di jenjang pendidikan yang baru. Ketika dia sudah SMP, SMU, atau kuliah, Anda bisa mulai memberikan uang sakunya secara mingguan, atau bulanan.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments