Rencana Pemasaran dalam Proposal Bisnis

By poetry - 19.29

Gagasan untuk memulai bisnis baru biasanya anda tuangkan dalam proposal bisnis. Berbagai hal bisa anda masukkan tetapi yang tidak boleh ketinggalan, anda harus memasukkan di dalamnya informasi mengenai hasil penelitian mengenai target pasar, persaing, promosi atau iklan tentang bisnis yang Anda harapkan. Sebaiknya tercantum pula harga produk atau jasa, pola distribusi dan beberapa aspek yang melatarbelakangi kecenderungan terbaru dalam industri yang akan Anda masuki.

Begitu juga dengan keuangan. Bagian ini akan membantu Anda menganalisis kemajuan serta upaya meningkatkan laba. Sangat jitu sekiranya Anda memasukkan jadwal kerja perusahaan berikut proyeksi pendapatan Anda selama enam bulan ke depan. Demikian pula proyeksi untuk satu hingga tiga tahun mendatang.

Jika Anda tak punya ide soal harga proyek Anda, cari penelitian atas bisnis yang sama dan lihat apa yang telah mereka peroleh. Kalangan bank biasanya menginginkan Anda mencantumkan informasi yang lebih spesifik di sini, seperti jenis proyek dan data keuangan terbaru. Atau data laporan cash flow triwulanan berikut analisisnya. Sekiranya perusahaan Anda milik pribadi tertentu, Anda cukup menyeratakan laporan keuangan pribadi.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments