Pengembangan Teknologi untuk Gigi

By poetry - 00.33

Di masa mendatang, gigi yang tanggal tidak perlu lagi diganti dengan gigi palsu. Dengan perkembangan teknologi stem cell (sel induk), Anda bisa menumbuhkan kembali gigi yang telah tanggal. Lebih alami dan lebih menyehatkan dibanding gigi palsu. Walau masih dalam taraf ujicoba pada tikus, namun hasilnya boleh dibilang amat menjanjikan. King’s College London mendapatkan dana 500 ribu poundsterling untuk mengembangkan penemuan mereka.

Sebuah perusahaan, Odontis, telah didirikan untuk mengembangkan teknologinya agar bisa diterapkan pada manusia. Dalam ujicoba pada tikus, stem cell yang memang bisa dikembangkan untuk menjadi apa saja, diambil dan dibentuk menjadi gigi di laboratorium.

Setelah terbentuk, gigi ditanamkan ke dalam gusi untuk menggantikan gigi yang tanggal. Gigi akan terus tumbuh dan mencapai bentuknya yang sempurna setelah sekitar dua bulan, demikian dikatakan Prof Paul Sharpe, ilmuwan penemu teknik pengembangan gigi ‘aspal’ tersebut. Setelah sukses dengan percobaan pada tikus, rencananya ujicoba pada manusia akan dilakukan dalam dua tahun ini.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments