5 Bank Merger Diberi Nama Bank Hasil Penggabungan

By poetry - 20.39

Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) mengumumkan rancangan penggabungan lima bank, yakni Bank Bali, Prima Ekspres, Universal, Arthamedia dan Bank Patriot. Bank Bali akan bertindak menjadi Bank Hasil Penggabungan, di mana keempat bank lain melebur didalamnya.

Dalam pengumumannya, BPPN mengemukakan penggabungan usaha ini dilakukan dalam rangka percepatan program penyehatan bank-bank yang berada di bawah manajemen BPPN, dengan memperhatikan kepentingan kreditur, termasuk nasabah ke-5 bank tersebut. Dalam penggabungan ini, Bank Bali akan bertindak menjadi Bank Hasil Penggabungan, di mana keempat bank lain, seperti Bank Universal, Prima Express, Arthamedia dan Patriot melebur didalamnya.

Langkah ini dilakukan BPPN, menyusul kondisi keempat bank tersebut, kendati telah direkapitalisasi oleh pemerintah, namun dinilai BI, belum menunjukkan perbaikan, bahkan cenderung menurun, sehingga dinilai bisa membahayakan kelangsungan usahanya.

Selain itu langkah tersebut dilakukan, guna menyelamatkan dana pemerintah yang telah disuntikkan melalui program rekapitalisasi, maka akan menjadi lebih baik apabila bank peserta penggabungan digabung untuk menghasilkan satu bank swasta nasional yang lebih sehat dan memiliki kinerja yang lebih baik.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments