Rapat yang Efektif dan Efisien

By poetry - 20.37

Rapat adalah hal biasa dalam sebuah lembaga baik komersial maupun non komersial. Namun kadang rapat bisa berhasil dengan sukses efektif dan bahkan ada juga yang ternyata cuma buang-buang waktu. Dan bisa jadi, di lain waktu, rapat bisa menjadi sebuah pemborosan waktu.

Untuk bisa menciptakan rapat yang efisien dan efektif, berikut saran dari beberapa pakar manajemen yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Perlu diingat bahwa esensi sebuah rapat adalah komunikasi dan juga koordinasi antar anggota organisasi agar bisa saling menyampaikan dan membicarakan suatu ide, gagasan atau informasi bahkan keluhan.

Sebaiknya sebelum melakukan rapat, pastikan apa topiknya, siapa yang akan hadir, berapa lama waktunya dan dijaga agar rapat yang akan dilakukan itu benar-benar penting untuk seluruh organisasi/perusahaan, bukan kepentingan perorangan atau kelompok. Seleksi yang akan hadir. Sebab, jika dalam rapat ada personil yang ternyata kehadirannya hanya sebagai pelengkap bisa dianggap itu adalah rapat yang menyebalkan.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments