Merawat Gigi Anak sejak Dini

By poetry - 19.28

Melakukan perawatan gigi sejak dini bagi anak, adalah langkah penting orang tua untuk mendapatkan kesehatan gigi dan kepercayaan diri anak saat dewasa nanti. Gigi pertama bayi Anda akan tumbuh pada saat ia berusia antara 6-10 bulan. Biasanya, yang pertama kali tumbuh adalah gigi rahang depan bawah, disusul gigi rahang atas. Saat gigi pertamanya muncul, umumnya bayi tidak memiliki masalah tertentu. Namun, ada juga bayi yang memiliki gejala seperti : demam ringan (suhu tubuh 38-39'c, pembengkakan gusi, produksi air liur yang berlebihan, sulit buang air besar, kulit pipi di bagian gigi tumbuh nampak kemerahan.

Untuk menolongnya, ada beberapa yang bisa dilakukan, antara lain: Memberikan parasetamol (obat penurun panas) untuk meredakan sakitnya, tapi sesuaikan dengan anjuran dokter. Mengoleskan gel khusus di sekitar gusi. Membiarkan dia menggigit mainan yang dapat merangsang pertumbuhan gigi. Jika tak punya bisa diganti pisang atau sejenis kerupuk. Beberapa bayi ada yang senang jika gusinya diusap-usap.

Bawa bayi ke dokter jika demamnya tinggi, muntah-muntah atau timbul ruam-ruam kemerahan pada kulitnya. Meskipun gigi yang pertama kali tumbuh disebut gigi susu, tetapi ada beberapa di antaranya yang belum tanggal saat mereka sudah remaja. Itu sebabnya menjaga kebersihan mulut sejak dini sangatlah penting.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments