Sebuah focus grup adalah sekumpulan pekerja atau konsumen tertentu yang mendiskusikan dan melakukan brainstorm untuk mencari cara-cara baru guna meningkatkan bagian-bagian yang berbeda dari bisnis atau perusahaan. Diskusi kelompok seperti ini sangat berguna jika dilangsungkan secara terus-menerus. Karena selain sebagai lahan koreksi dan evaluasi juga berguna sebagai sumber garapan mencari ide-ide baru untuk meningkatkan bisnis.
Anggota kelompok ini tidak perlu terdiri dari orang-orang tertentu yang memiliki jabatan tinggi saja, melainkan juga mengikutsertakan karyawan. Jangan sekali-kali meremehkan keberadaan para pekerja atau karyawan tersebut. Karena siapa tahu, justru di lapisan paling dasar mereka bisa memberikan masukan ide lebih berharga dibandingkan atasannya.
Anggota kelompok ini tidak perlu terdiri dari orang-orang tertentu yang memiliki jabatan tinggi saja, melainkan juga mengikutsertakan karyawan. Jangan sekali-kali meremehkan keberadaan para pekerja atau karyawan tersebut. Karena siapa tahu, justru di lapisan paling dasar mereka bisa memberikan masukan ide lebih berharga dibandingkan atasannya.
0 Comments