Aturan Sebelum Menyusui

By poetry - 17.18

Bagi Anda ibu muda yang belum mengetahui bagaimana menyusui putra -putri Anda secara benar, ada baiknya Anda simak tips berikut ini. Pertama, sebelum menyusui sebaiknya Anda minum segelas air putih, susu atau sari buah karena umumnya selama menyusui Anda akan sering merasa haus.
Kedua, hindari terlalu banyak minum teh dan kopi, karena didalamnya terdapat zat yang dapat merangsang ginjal bekerja lebih giat. Akibatnya Anda akan lebih sering ke belakang padahal pada saat menyusui tubuh memerlukan lebih banyak cairan. Ketiga, Anda tidak perlu mengurangi frekuensi makan, meskipun Anda sibuk sekalipun.

Keempat, selalu konsumsi makanan sehat yang kaya serat seperti sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan dalam jumlah cukup untuk menghindari masalah sulit buang air besar. Hal tersebut penting karena kondisi otot-otot pada panggul yang masih kendur setelah melahirkan tidak menjadi lebih berat jika Anda sulit buang air besar.
Kelima, coba Anda susui bayi Anda lebih sering lagi. Hal ini merupakan cara terbaik untuk merangsang payudara agar memproduksi lebih banyak air susu. Sesudah Anda menyusui, pompalah air susu sampai habis kalu perlu Anda dapat menampungnya di botol. Terakhir coba Anda beristirahat sebentar setelah Anda melakukan segudang aktivitas sebelum mulai menyusui.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments