Pendelegasian yang Merata

By poetry - 17.48

Selama ini banyak bos atau manajer yang mendelegasikan tugasnya hanya kepada anak buah yang dianggapnya paling mampu. Biasanya bos tidak mau beresiko, mereka khawatir pekerjaan yang didelegasikan pada mereka yang kurang mampu, tidak akan beres dan hanya buang-buang waktu. Karena bos akan kembali mengoreksi pekerjaan itu. Padahal sikap tersebut adalah suatu kesalahan yang cukup besar.
Sebagai bos anda harus bersikap lebih adil dalam pendelegasian tugas. Anda perlu mengingat bahwa pendelegasian merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mengembangkan bawahan anda. Karena itu, jangan terus menerus mendelegasikan tugas pada orang-orang tertentu yang anda anggap mampu.

Tindakan ini hanya akan memperkuat pihak yang sudah kuat dan ironisnya kondisi ini akan memperlemah pihak yang masih lemah. Selain itu hal ini juga akan menimbulkan kesenjangan antara karyawan. Bisa-bisa mereka akan membuat gap antara si mampu dan si tidak mampu.
Jadi jika anda bos, anda harus belajar untuk melakukan pendelegasian secara merata. Sesekali anda dapat mendelegasikan tugas kepada karyawan yang anda anggap belum mampu. Dengan demikian, anda telah memberinya kesempatan untuk berkembang. Untuk itu kepada karyawan yang satu ini anda harus memberikan pengarahan yang jelas. Selain itu anda dapat menekankan padanya untuk tidak sungkan-sungkan bertanya pada yang lebih mampu, jika ia menghadapi kesulitan.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments