Sampaikan Ide

By poetry - 18.38

Menyampaikan gagasan atau ide dalam sebuah forum ternyata bukan hal yang mudah. Jika anda pernah mengalami keadaan ini maka anda perlu mempersiapkan diri agar tidak terulang kembali.
Persiapan tersebut dapat anda lakukan dengan bersikap rileks, jangan terlalu kaku tetapi tetap serius. Jangan lupa untuk meminta pendapat peserta rapat setelah anda mengungkapkan ide dan gagasan. Karena mengungkapkan ide tanpa meminta opini orang lain menandakan anda pribadi yang tak kenal kompromi.
Sebaliknya anda pun sebaiknya memberi pendapat atas komentar orang lain. Ingat, mereka yang terlalu banyak bicara ataupun yang terlalu banyak diam adalah orang-orang yang tidak bisa bersikap efektif di dalam rapat.

Begitu juga jika anda selalu setuju dengan ide orang lain anda akan tampak seperti orang yang tidak punya gagasan sendiri. Maka anda perlu mempersiapkan beberapa komentar dan ide tambahan yang anda miliki. Jangan lupa, anda yang berani berkomentar dan mengungkapkan ide adalah orang-orang yang siap untuk maju ketimbang mereka yang pasrah pada suatu keadaan yang sesungguhnya masih bisa dirubah menjadi lebih baik.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments