Memulai Bisnis Kecil

By poetry - 17.13

Anda yang merasa bosan kerja di kantor karena sudah 'malas' menerima perintah. Atau ingin meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarga, tentu Anda boleh saja mempertimbangkan untuk memulai suatu bisnis kecil-kecilan. Tentu saja, bisnis ini mestinya didasari oleh keahlian dasar yang Anda miliki, misalnya masak-memasak, menulis, mendesain (grafis, interior, busana) dan sebagainya.

Untuk memulai bisnis kecil, tidak usah berpikir terlalu muluk. Anda akan terkejut kalau tahu bahwa banyak orang memulai dengan 'hanya' suatu ide bagus, produk dan servis, dan dikombinasikan dengan kerja keras dan cerdas, akan menghasilkan sukses yang lumayan besar. Untuk itu, ada hal yang perlu diperhatikan.

Antara lain mengenai pasar nyata untuk produk atau servis yang akan Anda hasilkan. Boleh jadi, dalam bayangan Anda pasarnya ada. Kenyataannya, pasar untuk produk/servis Anda itu tidak eksis. Misalnya, Anda ingin menjual baju hangat yang terbuat dari rajutan. Di daerah dingin, jualan ini pasti punya pasar. Tapi, kalau Anda melakukannya di daerah tropis, tentu pasarnya tidak ada. Jadi dalam hal ini anda harus berpikir realistis.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments