Terapi Film

By poetry - 19.46

Terkadang pada suatu waktu kita merasa terjebak di suatu tempat dimana semuanya seolah berjalan sama dan tidak ada satu pun yang berarti. Terkadang kita juga merasa bingung bagaimana cara untuk "memperkaya" atau memberi warna dalam hidup, bila suatu saat merasa jenuh. Namun semua itu dapat terjawab dengan melakukan terapi film.

Seorang Psikolog asal Amerika telah mencoba menggunakan terapi film dengan membentuk sejumlah kelompok perintis yang disebutnya "Cinema Therapy Group". Film-film seperti "American Beauty", "Annie Hall" dan "Dead Poets Society" memberikan banyak sekali masukan bagi kelompok pasien yang mengikuti "terapi sinema". Mereka bertemu setiap minggu, selama tiga bulan penuh. Dalam pertemuan tersebut, mereka mendiskusikan hubungan antara film yang mereka tonton dengan persoalan hidup yang mereka hadapi.

Para peserta, misalnya saling berbicara tentang karakter tertentu dalam film yang meninggalkan kesan atau pengaruh kuat. Entah itu baik atau buruk. Kesan tersebut ternyata memberi pengaruh terhadap nilai-nilai yang mereka anut selama ini. Bahkan terkadang mampu membangkitkan harapan. Malah ada pula pasien yang tersadar akan kesalahan yang telah diperbuatnya.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments