Kazuo Inamori dalam buku A Passion for Success menyatakan bahwa transaksi bisnis selalu melibatkan 2 pihak, pembeli dan penjual. Transaksi yang berhasil adalah jika kedua belah pihak bahagia dengan dalil "Win-Win". Artinya, ketulusan adalah dasar dari hubungan kerja tersebut dengan membuat mitra Anda bahagia. Tidak pernah ada bisnis yang sukses dalam jangka panjang dimana hanya ada satu pihak yang diuntungkan dan yang lainnya rugi. Demikian juga dengan seorang manajer yang bisa dikatakan sukses bila sang manajer mampu menciptakan harmoni lewat ketulusan dan kasih sayang yang mendalam dengan sesama rekannya. Tentu saja dalam hal ini sang manajer harus memiliki sifat kemanusiaan yang tinggi.
Pada jaman dahulu bisnis sama seperti atletik. Pemain yang sukses harus memiliki jiwa kompetitif yang tinggi. Tapi jauh di dalam lubuk hatinya, si enterpreneur itu juga harus punya ketulusan, kasih dan kebaikan. Intinya adalah empati yang kuat terhadap sesama manusia.
Pada jaman dahulu bisnis sama seperti atletik. Pemain yang sukses harus memiliki jiwa kompetitif yang tinggi. Tapi jauh di dalam lubuk hatinya, si enterpreneur itu juga harus punya ketulusan, kasih dan kebaikan. Intinya adalah empati yang kuat terhadap sesama manusia.
0 Comments