Pentingnya Uang Bagi Anak

By poetry - 18.07

Mengajarkan kepada anak cara mengelola uang perlu ditanamkan sejak dini. Berbagai cara dapat anda lakukan untuk merealisasikan hal tersebut. Misalnya dengan mengajari anak untuk mulai berinvestasi, contohnya dengan meperkenalkan dia dengan berbagai bentuk tabungan. Sementara itu jangan kritik cara anak Anda dalam mengelola uang, selama ia tidak mengalami kerugian atau terlibat masalah utang piutang. Namun, jika ia meminta lebih dan Anda tahu ia sangat memerlukannya, berikanlah sebagai pinjaman. Dengan cara ini ia bisa belajar mengelola uang dengan lebih cepat.

Sebaliknya, anda harus selalui menjadi teladan baginya. Misalnya, jika Anda telah menjanjikan sejumlah dana, bayarkan janji Anda itu tepat waktu dan tepat jumlah. Jangan meminjam uang anak Anda tanpa alasan yang sangat mendesak. Alasan yang mendesak itu pun harus merupakan masalah keluarga dan dibicarakan terbuka bersama pasangan Anda.

Biarpun dia nakal, selama itu tidak menyangkut masalah pengelolaan uang yang salah, jangan gunakan uang sebagai alat hukuman. Kebanyakan orang tua melakukan kesalahan ini. Akibatnya, anak-anak sering tiba-tiba berubah menjadi berperilaku manis hanya saat ia menginginkan sejumlah uang atau barang. Ingat, kebutuhan tiap anak berbeda.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments