Kenaikan Kadar Gula Darah

By poetry - 19.11

Kenaikan kadar gula darah diperkirakan dipengaruhi oleh jumlah lemak dan protein dalam makanan yang bersangkutan, juga jumlah dan tipe serat, lalu apakah makanan tersebut mentah atau matang.

Memang secara teoritis, kenaikan gula darah akan memicu kenaikan produksi insulin. Nyatanya faktor utama produksi insulin adalah jumlah total kalori yang masuk, baik dari karbohidrat, protein atau lemak. Semakin tinggi jumlah kalori yang masuk semakin tinggi pula produksi insulin dan diikuti oleh meningkatnya penyimpanan lemak.

Karena itu akhir-akhir ini ahli diet lebih memfokuskan faktor kekenyangan. Dan ternyata rasa kenyang tidak dipengaruhi oleh jumlah kalori. Dari berbagai makanan yang telah diteliti, kentang menempati peringkat tertinggi dalam hal membuat kenyang.

Selain kentang, bahan makanan berserat seperti beras, biji-bijian, buah dan sayuran segar juga mempunyai faktor kekenyangan lebih tinggi per kalorinya. Dengan makan makanan ini, Anda akan merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori yang masuk.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments