Mencari Keseimbangan dan Kebugaran dengan Taichi

By poetry - 18.47

Olahraga Tai Chi memang banyak dilakukan para lanjut usia. Tetapi, jangan salah Tai Chi, sekarang juga banyak dilakukan kaum muda yang ingin sehat dengan cara olahraga meditasi. Olahraga ini memadukan tubuh, pikiran dan jiwa dan telah dilakukan orang Cina berabad-abad.


Tai Chi mulai populer pada 10 hingga 20 tahun terakhir ini sejak masuk ke Amerika. Pada Tai Chi, orang melakukan seri gerakan yang tidak terlalu menghentak, namun lambat, terkontrol, tapi tubuh tetap berdiri tegak. Termasuk dalam gerakannya, berupa kuda-kuda, memindahkan berat tubuh dan berputar.


Selama latihan, orang bernafas sangat dalam dan rileks. Gerakan nafas ini sering kali dibandingkan dengan yoga, sedangkan keseimbangan gerak tubuhnya dibandingkan dengan balet. Yang menjadi dasar Tai Chi adalah, kisah yang berada di belakang sejarah keberadaan Tai Chi.


Gerakannya, berdasarkan pada gerakan hewan ular. Ular bergerak sangat lambat dan terkontrol, termasuk mengatur kepala dan dalam menahan serangan lawannya.


Tai Chi merupakan olahraga low impact. Satu kunci yang datang dari Taoism adalah wuwei (atau aksi yang tidak beraksi) dimana gerakan diibaratkan air mengalir, tidak memaksa.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments