Memperkuat Mental

By poetry - 20.23

Kekuatan mental hanya datang melalui latihan keras dan terus menerus. Bila Anda melatih mental secara teratur, maka ia akan menjadi lebih awas dan responsif, sehingga meningkatkan efisiensi gerak Anda saat latihan maupun bertanding. Kunci dari latihan mental Anda adalah, rasa percaya diri, motivasi, insentif, dan visualisasi. Mulailah dengan menetapkan tujuan Anda dengan jelas. Misalnya, perbaikan apa yang Anda harapkan.

Anda bisa memulainya dari hal-hal yang sederhana seperti, meningkatkan kekuatan, melangsingkan tubuh, atau yang lebih spesifik seperti, mengikuti suatu kejuaraan. Kemudian anda bisa menetapkan target-target kecil yang pada akhirnya akan membawa Anda menuju tujuan utama. Lalu anda harus menentukan strategi dalam mencapai tujuan itu, rencana yang cukup terperinci, kemudian yang terpenting adalah pastikan setiap rencana terpenuhi.

Kedisiplinan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan rencana Anda tersebut. Guna membantu latihan, bayangkan bahwa Anda akan berhasil mencapai tujuan tersebut. Hal ini akan membantu untuk menjaga semangat agar tidak kendor.
Selain itu Anda juga dapat mencoba membaca tujuan Anda dua kali sehari, sebelum latihan dan sebelum tidur, untuk membantu agar tetap disiplin. Jangan lupa untuk merayakan keberhasilan Anda. Bila Anda sukses melakukannya, Anda akan menyadari bahwa kesiapan mental ternyata bermanfaat untuk membantu proses latihan, baik untuk olahraga sehari-hari maupun untuk mengejar prestasi.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments