Menjadi Ahli

By poetry - 20.34

Menjadi ahli di bidangnya merupakan dambaan para profesional. Tetapi untuk menjadi ahli atau expert di bidang tertentu membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Ada langkah-langkan dan kiat yang harus anda lakukan jika anda ingin menjadi ahli. Langkah awal yang harus dilakukan untuk menjadi ahli di bidang pekerjaan anda adalah menentukan tolok ukur keahlian itu sendiri. Caranya dengan menelusuri karakter pekerjaan anda. Maksudnya setiap bidang pekerjaan memiliki kualifikasi penguasaan tertentu yang terbagi dalam penguasaan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap.

Misalnya jika anda bekerja di biro perjalanan wisata, tentu anda harus memiliki pengetahuan tentang daerah wisata, ketrampilan memandu para turis dan ketrampilan berbahasa asing. Dan tentu saja pengetahuan dan ketrampilan ini harus didukung oleh sikap yang ramah, familiar, dan cepat akrab.
Nah untuk mendapatkan penilaian karakter pekerjaan yang lebih tajam, anda perlu membuat tabel penelusuran pengetahuan, sikap dan ketrampilan anda. Dengan tabel itu, anda dapat melihat secara lebih jelas deskripsi tuntutan pekerjaan anda.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments