Etika Santap Bisnis

By poetry - 17.54

Makan bersama dengan kolega atau rekan bisnis sudah menjadi bagian penting dalam dunia bisnis belakangan ini. Walaupun terdengar biasa, santap bisnis tidaklah semudah acara santapan lainnya. Ada aturan dan etiket tersendiri, karena santap bisnis seringkali menjadi bagian terpenting bagi kelancaran bisnis Anda selanjutnya.
Etika dalam bersantap bisnis yang utama adalah harus On time. Tepat waktu adalah prinsip pertama yang harus dimiliki dalam bersantap bisnis, baik sebagai pihak pengundang maupun yang diundang. Sekali saja Anda tak tepat waktu, sulit untuk mengharapkan hubungan bisnis yang lebih baik. Karena umumnya para profesional memiliki jadwal acara yang padat.

Kalau Anda berada di pihak pengundang dan ingin mengadakan perjamuan bisnis di rumah Anda, Anda dapat menyelidiki selera makan rekan bisnis Anda. Misalnya kalau rekan bisnis Anda menggemari makanan laut, Anda bisa menyediakan atau memesan hidangan ‘sea food’. Kalau kolega Anda vegetarian, pesanlah hidangan yang terdiri dari sayur dan buah-buahan dan makanan yang tidak mengandung lemak. Tapi tentu saja tetap padukan dengan selera Anda. Jangan sampai karena menuruti selera kolega, Anda malah tidak bisa menikmati santapan.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments