Mengamankan Dana Pensiun

By poetry - 17.12

Menyiapkannya sejak dini masa pensiun Anda, adalah keharusan. Jika tidak ada perencanaan yang matang, bisa-bisa uang Anda akan habis untuk membeli barang-barang konsumtif. Padahal, itu sebenarnya bagian dari gaji Anda yang disimpankan sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi, agar Anda tetap bisa hidup layak dan nyaman seperti sewaktu masih bekerja. Supaya dana itu bisa selamat, Anda bisa langsung masukkan dana dalam instrumen investasi tak lebih dari 30 hari sejak uang tersebut diterima.

Jika ingin menyimpan dana cadangan, pisahkan langsung dalam rekening baru. Hal itu agar Anda tak terlalu tergoda untuk menggunakannya. Jangan beranggapan bahwa produk asuransi bukan merupakan bagian dari investasi. Penempatan dana di program pensiun sebenarnya mirip dengan dengan penempatan dana dalam obligasi atau deposito.

Mungkin Anda ingin membeli saham tetapi dana tak cukup. Nah, Anda bisa meletakkan dana dalam instrumen investasi berpendapatan tetap. Misal, deposito, obligasi, atau reksa dana. Jika ingin menggunakan sebagai modal awal usaha, jangan semuanya. Sisihkan minimal sepertiga bagian untuk cadangan. Jika Anda masih ragu dengan usaha tersebut, sisakan lebih banyak lagi. Kalau perlu, cari mitra untuk berbagi modal dan resiko.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments