Memilihkan Bacaan atau Tontonan untuk Anak

By poetry - 17.07

Perkembangan pola pikir anak yang semakin kritis menuntut orangtua harus jeli memilihkan tontonan atau bacaan yang sesuai dengan tingkat berpikir anak. Untuk buku cerita, anak usia di bawah 5 tahun biasanya menyukai cerita dengan tokoh-tokoh binatang atau benda yang bisa bicara. Selain mereka bisa berfantasi, cerita-cerita ini biasanya juga punya pesan moral yang pantas dipahami anak.

Untuk anak-anak usia 6-9 tahun, karena minatnya mulai meningkat dan kemampuan membacanya sudah lebih baik serta pergaulannya sudah mulai meluas, maka yang cocok bagi mereka adalah serial petualangan. Misalnya saja seri petualangan Harry Potter yang sekarang juga sedang digandrungi anak-anak di dunia. Demikian pula untuk anak usia 10-12 tahun, biasanya mereka menyukai cerita petualangan ditambah detektif.

Dalam memilih bacaan atau tontonan, orangtua perlu memperhatikan gambar dan isinya. Berarti orangtua juga harus menonton atau membacanya. Selain itu juga mutu bacaan. Tanamkan pada anak bahwa setiap negara punya budaya sendiri-sendiri. Budaya yang baik di suatu negara belum tentu juga baik bagi negara yang lain.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments