Memberi Kepercayaan pada Anak

By poetry - 18.20

Suatu saat anda bisa jadi mengalami kesulitan dalam mempercayakan sesuatu kepada anak Anda. Bila anak anda sudah bersekolah, ada satu metode yang bisa Anda terapkan di rumah. Caranya, anda bisa memberi tugas yang harus dikerjakan bersama oleh anda dan anak-anak. Pekerjaan tersebut harus disesuaikan dengan usia dan kemampuan mereka, misalnya membereskan tempat tidur, merapikan mainan, mengatur pakaian di lemari, atau menyiapkan meja makan.

Setiap minggu, anda bisa mengadakan rapat. Dalam rapat ini, anda bisa bertanya kepada anak mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam mengerjakan tugas. Misalnya, apakah tugas terlalu sulit atau terlalu mudah dan ia menginginkan sesuatu yang lebih sulit.

Kalau ia mengalami kesulitan atau bosan, bahaslah secara tenang dan terbuka, seperti bila kita mengikuti rapat di kantor. Dengan cara itu, anak-anak akan terbiasa mengutarakan pendapatnya dengan baik dan mereka pun merasa dipercaya menjalankan tugas-tugas tertentu serta didengarkan pendapatnya. Ini juga dapat membangun kepercayaan diri anak.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments