Perkirakan Biaya Hidup Pensiun

By poetry - 19.08

Saat Anda memperkirakan biaya hidup pensiun Anda kelak, maka langkah yang harus dilakukan antara lain menentukan biaya hidup Anda kelak, dan menentukan kapan Anda ingin pensiun.
Untuk mengetahui seberapa besar standar biaya hidup pensiun yang Anda perlukan, lakukan cara berikut. Sekarang anda berumur 30 tahun. Bayangkan bahwa Anda baru saja pensiun pada umur 60 tahun. Tentunya, anak Anda mungkin sudah mandiri dan lepas dari tanggung jawab Anda. Segala pengeluaran untuk mereka sudah akan hilang. Biaya transportasi mungkin juga akan berkurang karena Anda tidak lagi pergi bekerja.

Namun, beberapa biaya lain mungkin saja naik. Biaya-biaya kesehatan mungkin meningkat seiring dengan bertambahnya umur. Dengan asumsi bahwa tidak ada inflasi (atau inflasi 0%) dari sekarang sampai Anda pensiun, maka Anda bisa menentukan berapa jumlah standar biaya hidup Anda kelak ketika sudah pensiun. Misalnya saja pada saat ini standar biaya hidup keluarga Anda adalah sebesar Rp3 juta per bulan.

Setelah Anda pensiun, mungkin saja dengan mengabaikan inflasi, standar biaya hidup Anda akan menjadi Rp5 juta per bulan. Ini berarti, penghasilan pensiun keluarga Anda kelak harus bisa memenuhi standar biaya hidup pensiun sebesar Rp5 juta per bulan menurut nilai uang sekarang. Sehingga, otomatis, penghasilan pensiun Anda harus sebesar minimal Rp5 juta per bulan menurut nilai uang sekarang.

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments